Tak Terdefinisi

Cara Promosi Efektif dan Nggak Pakai Ribet

Dijaman yang serba online seperti sekarang ini, semakin mudah bagi kita untuk mendapatkan berbagai informasi. Segala jenis informasi dari berbagai bidang bisa kita peroleh, termasuk informasi tentang suatu produk atau jasa. Maka tak mengherankan jika media online juga menjadi salah satu tempat yang efektif untuk ajang promosi. Alhasil kita pun sering sekali menemukan berbagai macam iklan di internet.

Tapi kalian ngerasa suka sebal nggak sih kalau tiba-tiba ada iklan nongol saat kita lagi asyik internetan? Mau baca artikel eh..tiba-tiba ada iklan lewat. Kalau sekali dua kali sih mungkin okelah, nggak masalah. Tapi kalau munculnya berkali-kali disetiap kita buka situs kan jadinya malas banget. Kalau sudah gitu, biasanya bakal langsung di skip atau close. Bener nggak? hehehe… Bahkan, saking sebalnya karena iklan yang muncul bejibun dan bikin capek untuk sekadar skip & close, banyak yang akhirnya pakai ad-blocker (aplikasi blokir iklan di internet). Indonesia pun ternyata menjadi salah satu dari 3 pengguna ad-blocker terbesar di dunia setelah China dan India loh. Wiih…berarti bisa dikatakan netizen Indonesia sudah pada sebal tingkat tinggi nih sama iklan-iklan di internet.social-media-endorsement

Kalau sudah begitu, iklan-iklan tersebut jadinya useless. Sia-sia dan nggak efektif sama sekali, karena diabaikan oleh netizen yang merupakan target konsumennya. Bisa dikatakan mereka sudah “buta” iklan karena sudah nggak peduli dan nggak lagi melihat iklan yang dipasang tersebut. Apalagi kalau isi iklannya bilang bahwa produknya adalah yang nomor satu. Hmm… dijamin deh banyak yang nggak percaya. Secara gitu loh, kalau dalam bisnis pasti masing-masing produk akan mengklaim produk sendiri sebagai yang terbaik.

Kalau menurut saya sih, sebenarnya iklan atau promosi yang paling efektif dari dulu hingga sekarang adalah iklan dengan metode word of mouth marketing (WOMM). Yup, iklan dari mulut ke mulut. Coba deh sekarang kalau kalian ditanya, mau pilih produk A yang iklannya bejibun dimana-mana, tapi belum tahu kualitasnya atau pilih produk B yang nggak pernah lihat iklannya tapi direkomendasiin sama  saudara atau teman kalian? Kalau saya sih pilih produk yang direkomendasiin sama orang yang saya kenal. Kenapa? karena kalau sama orang yang kita kenal biasanya mereka akan jujur tentang kualitas produk tersebut. Kecuali kalau orang tersebut jadi salesnya, itu lain ceritanya hehehe…..

Nah, di jaman serba modern kayak sekarang ini, metode WOMM memiliki peranan penting di media sosial. Gimana nggak penting, kalau sekarang ini masyarakat yang merupakan calon konsumen, sering menghabiskan banyak waktu mereka untuk menggunakan sosial media. Mulai dari instagram, twitter, blog, Youtube dll. Dari sosial media tersebutlah mereka seringkali mendapatkan berbagai informasi. Termasuk tentunya informasi tentang suatu produk atau jasa.

Jadi, kalau ada yang mau promosi produk atau jasanya, lebih baik dan lebih efektif pakai social media endorsement (influencer marketing). Apaan lagi tuh? Buat yang belum tahu, ini termasuk jenis iklan atau promosi menggunakan jasa dari orang-orang yang berpengaruh di sosial media. Seperti misalnya selebgram, blogger, atau youtuber yang punya banyak followers dan pengaruh besar. Dengan begitu, saat mereka mempromosikan suatu produk, maka para followersnya akan mengetahuinya. Setelah itu diharapkan bisa mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu.

Tapi….ada tapinya nih. Sayangnya, nggak mudah buat mencari orang yang bisa menjadi social media endorsement. Selain itu juga cukup menghabiskan banyak waktu. Mulai dari mencari influencer yang tepat dan sesuai budget, negosiasi, hingga melakukan pembayaran dan memonitor pekerjaan si influencer. Bisa memakan waktu hingga berhari-hari, bahkan bisa lebih lama dari perkiraan. Hmmm…ribet banget nggak sih? Nggak ada cara lain gitu, supaya bisa mempromosikan produk secara online dengan lebih efektif. Biar kalau saya jadi pemilik bisnis atau penjual, nggak makin pusing dan stress mikir cari influencer yang efektif buat promosi produk saya.sociabuzz-influencer-marketing-platform-network

Tenang… sekarang ada kok solusi promosi online yang cepat dan efektif. Caranya cukup pakai SociaBuzz saja. Bagi yang belum tahu, Sociabuzz ini adalah sebuah self-service influencer marketing platform yang bisa digunakan untuk mempromosikan apapun. Mulai dari promosi bisnis dari berbagai bidang seperti fashion, makanan, beauty, restoran/cafe, hingga Startup semisal website, mobile apps, games, produk digital, jasa online dll. Sampai saat ini SociaBuzz sudah memiliki +11.000 influencer  yang tergabung loh. Adapun untuk jenis social media yang digunakan para influencer di SociaBuzz yaitu Twitter (menciptakan Buzz, fitur auto twitt), Instagram (paid endorse, paid promote), blog (product review, advertorial, content placement) dan YouTube (product review, tutorial, Vlog). Pemilik bisnis atau penjual, tinggal memilih tipe promosi dari platform media sosial yang mau digunakan untuk ajang promosi online.

Dan untuk cara penggunaan SociaBuzz juga mudah dan nggak pakai ribet. Si pemilik bisnis atau penjual yang mau mempromosikan produknya, cukup menulis dan mengupload kebutuhan promosinya ke SociaBuzz. Nanti jika ada influencer yang tertarik, mereka tinggal mengajukan penawaran ke pihak pemilik bisnis sebagai pengiklan. Setelah itu pengiklan tinggal memilih penawaran yang diajukan dari para influencer, mana yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Harga bayar sesuai harga dari influencer, tidak ada biaya tambahan atau agency fee.

Setelah mendapatkan influencer yang cocok, pengiklan dan influencer bisa langsung saling berkoordinasi terkait promosi yang akan dilakukan memakai fitur chat di SociaBuzz. Sedangkan untuk masalah pembayaran, karena menggunakan escrow SociaBuzz, jadinya lebih aman dan nyaman. Pengiklan nggak akan dibikin repot buat membayar semua influencer satu persatu. Soalnya semua itu bakal dikerjakan oleh SociaBuzz. Kalaupun nantinya ada kerjasama yang batal, maka uang tersebut akan dikembalikan 100% ke pihak pengiklan. So, nggak perlu cemas uang melayang tak kembali. Setelah pekerjaan selesai, pengiklan juga bisa melihat hasil aktivitas promosi yang dilakukan.

Sebenarnya selain SociaBuzz ada juga beberapa platfrom influencer marketing sejenis. Tapi kenapa memilih SociaBuzz? Berikut ini beberapa alasan kenapa menggunakan influencer marketing melalui SociaBuzz:

  • Mudah, cepat, aman dan nyaman. Cara kerja Sociabuzz nggak pakai ribet dan lama sehingga membuat kedua pihak merasa nyaman dan tentunya aman.
  • Long lasting. Artinya konten promosi akan ada di social media atau internet selamanya. Dengan begitu maka calon konsumen produk si pengiklan akan bisa terus menemukannya sampai kapanpun.
  • Lebih dipercayai oleh konsumen. Karena promosi dilakukan oleh orang-orang yang konsumen kenal apalagi mereka sukai, maka mereka akan lebih mempercayainya.
  • Lebih gampang mencari influencer yang sesuai budget. Dengan rate harga mulai dari Rp 50.000 per posting per influencer.

See, nggak ribet kan kalau mau pakai SociaBuzz buat mempromosikan produk secara online? Buktinya banyak brand-brand besar yang memakai Sociabuzz untuk mempromosikan produk mereka. Seperti The Body Shop, Toyota, Samsung, BCA, hingga Indosat. Kalau brand besar aja mempercayakan promosi produknya lewat SociaBuzz, berarti nggak perlu ragu lagi dong buat kalian untuk mempromosikan produknya lewat SociaBuzz? Atau kalian punya cara promosi produk secara online yang lebih efektif?

 

 

Advertisements

9 thoughts on “Cara Promosi Efektif dan Nggak Pakai Ribet

  1. Emang nyebelin banget sih Mbak kalau berkunjung ke suatu blog atau website eh tulisannya malah ketutup sama iklan. Nyebelin lagi kalau ditag gambar jualan di FB. Mau dihapus nggak enak soalnya teman sendiri. Jadi, mau gimana lagi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s