Kesehatan

Estimasi Biaya Persalinan di Semarang

Alhamdulilah, nggak terasa usia kehamilan sudah memasuki 7 bulan. Selama 7 bulan ini berat saya hanya naik 6 kg saja semenjak 3 bulan terakhir. Jadi tiap bulan rata-rata naik 2 kg saja, maka itu artinya sampai nanti waktunya melahirkan totalnya hanya 12 kg saja hihihi…Insyallah sih berat tersebut masih aman untuk janin, karena dokter saya juga nggak komentar apa-apa dan setahu saya memang kenaikan berat normal antara 10-15 kg.

Nah, ngomongin masalah persalinan yang sekitar 2 bulanan lagi. Saya sudah mulai memikirkan segala tetek bengeknya. Mulai dari nama calon anak jika laki-laki maupun perempuan, perlengkapan calon ibu dan bayi hingga yang utama adalah biaya melahirkan.Sebenarnya sih sudah mulai di pikir dan sudah pula di list dari kemarin-kemarin, tapi masih nyantai. Kalau masalah nama sudah ada beberapa pilihan. Masalah perlengkapan ibu dan bayi juga sudah mulai terkumpul. Alhamdulilah nggak terlalu banyak yang harus dibeli, karena dapat hibah dari kakak ipar. Lumayan berhemat banget gitu, hehehe…Nah, yang paling penting adalah masalah biaya persalinan. Untuk yang satu ini tergantung tempat dimana saya melahirkan nanti dan itu masih dalam proses. Penginnya di bidan saja yang lebih murah dan semoga nanti semuanya lancar sehingga saya bisa melahirkan dengan normal.

Ngomongin soal biaya untuk lahiran, tentunya yang jadi perhatian utama adalah masalah biaya. Kalau punya banyak duit mah nggak masalah mau lahiran dimana, bebas memilih RS yang dimau dan yang memiliki fasilitas terbaik. Tapi bagi saya, biaya/tarif tiap RS yang berbeda-beda menjadi pertimbangan tersendiri. Jadi, untuk itu saya pun mencari tahu tarif beberapa RS yang berpotensi menjadi tujuan tempat bersalin saya nanti. Berikut ini adalah hasil survey saya untuk estimasi biaya melahirkan di beberapa RS di Semarang

 RS BUNDA

Utama Kelas 1a Kelas 1b Kelas 2 Kelas 3
Normal (3hr) 13,8 jt 10,8 jt 10,1jt 8,1 jt 6,1 jt
Dengan Tindakan 16 jt 12,6 jt 11,7 jt 9,5 jt 7 jt
CS (5hr) 28,3 jt 23,1 jt 21,4 jt 17,7 jt 13,6 jt

Untuk RS Bunda sudah paketan. Estimasi diatas adalah estimasi lahiran dengan dokter kandungan saya yang termasuk junior. Karena katanya tiap dokter beda-beda, untuk dokter yang lebih senior lebih mahal. Ada yang bilang sih ada tambahan sekitar 2 jutaan untuk dokter senior. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke pihak RS, bisa lewat telp atau minta saja rincian estimasi biayanya sama mbak-mbak di front office di tempat pendaftaran.  Awalnya pengin lahiran di sini, tapi setelah dapat info dari teman katanya perawatnya nggak suppport IMD & ASIX saya langsung coret dari daftar. Tapi ternyata setelah saya tanyakan sama dokter saya, di RS Bunda support IMD dan rooming in juga. Kata dokter sih, IMD sama rooming in sudah jadi standar di tiap RS. Minusnya di sini belum terima BPJS. Padahal menurut saya tempatnya oke dan nyaman. Nggak ramai dan terasa hommy banget. Makanannya juga katanya enak.

 RS HERMINA

VIP Kelas 1 Kelas 2
Normal+kamar 12,5 jt 9,2 jt 7,25 jt
CS+kamar 22,8 jt 18,6 jt 15,1 jt

Biaya diatas belum di tambah dengan biaya lain-lain seperti obat, visite dokter, dan pelayanan. Jadi masih plus-plus. Kebetulan dokter saya juga praktek di Hermina Banyumanik. Siapa tahu saja karena masih termasuk baru, harganya masih oke. Eh…ternyata harganya sama saja mahalnya,masih lebih mahal dibandingkan RS Bunda. Untuk kamarnya di Hermina Banyumanik katanya masih nyaman, karena nggak seramai yang di Pandanaran. Itu menurut teman saya yang anaknya pernah di rawat di situ. Meski ambil yang kelas 3 tapi pasiennya cuma anaknya saja, jadi berasa VIP. Kalau untuk yang di Hermina Pandanaran, saya pernah menengok istri teman suami yang lahiran di sana dan tempatnya saya bilang kurang luas. Untuk asuransi ternyata di Hermina bisa terima BPJS tapi tentunya, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk info lengkapnya bisa tanyakan langsung ke pihak RS, termasuk untuk asuransi lainnya yang sudah bekerjasama. Berdasarkan info yang di dapat, di RS ini untuk pelayanan dan support untuk IMD dan ASIX terbilang oke dan patut diacungi jempol.

 RS KARYADI

VIP Kelas 1
Normal 5 jt 3 jt
CS 10,215 jt 6,631 jt
Kamar/malam 1,05 jt 0,65 jt

Biaya di atas juga belum termasuk biaya visite dokter. Masih ada tambahan ini itu, terutama bila dengan tindakan. Biaya tersebut adalah biaya terbaru bulan September yang saya dapatkan dari teman saya yang bekerja RS Karyadi. Sebenarnya masih ada yang kelas Utama (diatas kelas 1) dan kelas 2 serta kelas 3. Tapi saya nggak tanyakan, soalnya yang kelas utama saya nggak tertarik karena kamarnya bukan khusus untuk persalinan. Untuk kelas 1 kamarnya sebenarnya sudah oke, meski sekamar berdua tapi ruangannya luas dan cukup nyaman. Kalau yang VIP tempatnya di Paviliun Garuda dan sekamar satu orang. Untuk sementara ini RS Karyadi jadi pilihan pertama kalau saya harus melahirkan didampingi dokter kandungan saya. Selain itu, kalau ada rezeki saya ingin ambil kelas VIP saja. Estimasi sih, kalau pakai BPJS kemungkinan yang tercover hanya 50% saja. Kenapa nggak di kelas 1 saja? kan juga sudah nyaman dan bisa gratis. Masalahnya kalau di kelas 1, pas melahirkan nanti yang nungguin kita bukan cuma dokter dan perawatnya saja, tapi juga biasanya ditungguin sama resident. Sebenarnya nggak masalah sih ditungguin sama resident, permasalahannya adalah kalau residentnya berjenis kelamin laki-laki. Bakal ngerasa nyaman nggak sih kalau lahiran banyak yang nonton apalagi laki pula? Kalau saya sih ogah. Oh ya, sekedar info tambahan saja, setelah saya tanyakan ke dokter saya, ternyata sekarang BPJS sudah lebih ketat terutama untuk di Karyadi. Kalau lahiran normal pakai BPJS di Karyadi gak bisa di klaim. Kenapa? kemungkinan karena Karyadi RS tipe A, sehingga kalau kasusnya tidak urgent dan bukan rujukan dari RS tipe B/C maka klaim BPJS tidak bisa di pakai.

RS GUNUNG SAWO

VVIP VIP Kelas 1 Kelas 2  Kelas 3
Normal tanpa induksi 7,8 jt 7,6 jt 6,4 jt 5,3 jt 4,7 jt
Normal dengan induksi 8,6 jt 8,3 jt 7 jt 5,7 jt 5,3 jt
CS 15,7 jt 15 jt 12,3 jt 10,7 jt 8,5 jt
Kamar/malam 0,6 jt 0,5 jt 0,4 jt 0,2 jt 0,14 jt

Nah, dari sekian banyak RS yang menjadi pertimbangan, menurut saya RS Gunung Sawo menjadi pilihan utama saya. Info dari sana sini sekaligus pengalaman pas cek HSG, tempatnya oke dan nyaman.. Perawat dan dokternya support IMD dan ASIX bahkan punya klinik laktasi. Setahu saya RS yang punya klinik laktasi di Semarang baru di RS Gunung Sawo, RS Hermina dan RS Elisabeth.  Dokternya di Gunung Sawo juga perempuan semuanya. Pengin banget sebenarnya melahirkan di RS Gunung Sawo, tapi sayangnya dokter saya nggak praktek disitu. Permasalahan lainnya adalah di RS Gunung Sawo belum bekerjasama dengan BPJS,sedangkan saya tidak punya asuransi lain huhuhu…

RS KUSUMA PRADJA

VVIP VIP Utama Kelas 1A Kelas 1B Kelas 1C Kelas 2A Kelas 2B
Normal (3 hari) 11,9 jt 11,3 jt 9,3 jt 8,4 jt 7,1 jt 6,1 jt 5,6 jt 4,9 jt
CS (4 hari) 25,1 jt 24 jt 20,4 jt 18,7 jt 15,8 jt 13,7 jt 12 jt 9,9 jt

Untuk RS Kusuma, saya dapat rekomendasi dari saudara untuk melahirkan dengan dokter Vannya. Katanya dia sih terima BPJS, tapi ternyata setelah saya tanyakan via telp disana belum terima BPJS maupun asuransi, jadinya langsung coret deh dari daftar hehe…. Di RS Kusuma, untuk yang perkamar satu pasien dimulai dari kamar kelas 1A ke atas. Dan untuk kelas yang paling bagus / VVIP, saya lihat di websitenya kamar VVIP punya 2 ruangan (1 untuk pasien dan 1 untuk penunggu yang). Kalau mau lahiran normal dan ambil kelas VVIP, menurut saya sih RS Kusuma jadi juaranya. Secara biaya lebih murah dibandingkan dengan yang lain namun fasilitasnya paling oke.

Untuk RS lainnya, seperti RS Elizabeth dan Panti Wiloso menurut info juga oke. RS Elisabeth pelayanannya oke tapi biaya juga “oke”. Tapi katanya sih kalau pakai BPJS, jika di RS lain nomboknya bisa sampai 6 jt, di situ kedua RS tersebut cuma nombok 2 jt. Untuk RS lainnya saya kurang tahu, mungkin bisa langsung ditanyakan ke pihak RS. Bisa datang langsung atau lewat telp.

Oh ya, biaya-biaya di atas tersebut hanya estimasi saja ya. Perkiraan saya sih biayanya setidaknya akan bertambah minimal sekitar 1-3 jutaan dari estimasi, apalagi kalau itu bukan paketan yang termasuk biaya obat, visite dokter dsb.  Kenapa? karena biaya tersebut setahu saya belum termasuk biaya perawatan untuk si baby. Makanya untuk yang pakai BPJS, segera setelah kelahiran harus segera lapor ke kantor BPJS untuk mendaftarkan si baby supaya bisa di cover oleh BPJS.

Sebenarnya, kalau saya dan janin sehat serta bisa lahiran normal, saya ingin lahiran di rumah bersalin sama Bu bidan saja. Bidan biasanya lebih sabar dan tentu lebih murah hihihihi….Gimana nggak murah, kalau lahiran di RB sama bidan,kita cukup keluar biaya sekitar 1-2 juta saja dan mendapatkan kamar sekelas VIP. Bidan juga menurut saya biasanya lebih sabar dan lebih privasi. Nggak seperti di RS umum (terkecuali RSIA) yang ramai dan mungkin terburu-buru untuk segera keluar dari ruang persalinan atau operasi karena bergantian dengan pasien lain.

Nah, untuk RB, saya juga mencoba mencari tahu RB mana yang bagus. Dari hasil berburu informasi, saya mendapat 2 kandidat  untuk menjadi tempat persalinan saya nanti *halah*. Yang pertama adalah RB Ngesti Widodo di Ungaran dan RB Citra Insani di Majapahit Semarang. Yang RB Ngesti Widodo, terkenal dengan hypnobirthing. Dari komentar-komentar yang saya dapat, RB ini punya reputasi yang bagus dan positif. Rekomenlah menurut saya. Tapi sayang tempatnya lumayan jauh dari rumah. Satu lagi RB Citra Insani yang saya dapatkan infonya dari suami sesama pasien saat periksa ke dokter terakhir kali. Katanya RB tersebut menjadi salah satu RB favorit dan terkenal di Semarang. Kalau memilih lahiran di RB saya sih penginnya bisa di Ngesti Widodo atau  RB Citra Insani yang lebih dekat. Tapi itu sih hanya wacana dan rencana saja. Sebisa mungkin sih bisa lahiran sama dokter kandungan saya. Kita manusia cuma berencana dan berusaha sedangkan Allah yang memutuskan, betul nggak? Yang terpenting nanti bisa lancar, selamat dan sehat semuanya…Aamiin… 🙂

NB: Buat yang penasaran saya akhirnya melahirkan di RS mana, silahkan baca reviewnya  disini .

Advertisements

38 thoughts on “Estimasi Biaya Persalinan di Semarang

  1. Waaa usia kandungan beda dikit sama aku mba.. HPL kapan? Barusan telp ke BUNDA biayanya persis seperti yg diinfokan sama mbak Laely.
    Desember aku udah ke Ngesti Widodo, untuk kelas VIP nya sekitar 5jt an. Tapi ya itu agak jauh dari rumah.. Skrg lagi lirik Bunda sama Roemani. Selama ini periksa di SPOG mana mbak?

    Like

    1. Hpl 26 Januari besok. Mba sendiri kapan? Wiih…lumayan juga ya harganya di Ngesti Widodo. Hampir sama kayak VIP di Roemani. Saya sih dari awal periksa sm Dr.Putri di RS Bunda. Beliau jg praktek di Karyadi sm Hermina Banyumanik. Mba selama ini periksa sm SPOG mn?

      Like

      1. Aduh maaf balesinnya lama.. Ini pasti lagi menghitung hari ya mbak. Aku keseharian domisili di jawa timur mbak, jd belum pernah sama sekali priksa di spog semarang. Cuman rencana lahiran di semarang biar deket sama rumah.
        Semoga kelahirannya lancar, sehat ibu & bayinya. Trus jangan lupa share pengalamannya yaaa..
        HPL ku masih akhir maret kok

        Like

  2. Hai mba salam kenal. Biaya periksa sblm hamil brp ya mbak di dokter putri? Saya ada rencana utk periksa ke beliau. Sy baru bbrp bln mnkh dan hanya pgn periksa kshtan saja sih mb 🙂 makasih.

    Like

    1. Salam kenal jg mba. Kalau di RS Bunda untuk biaya periksa dokter semua sama, seingat saya sih Rp 125rb. Yg jelas lebih murah di banding RS lain yg rata2 Rp 150rb. Wah…baru menikah ya, selamat ya…smg segera diberi momongan 🙂

      Like

  3. Biaya kuret brp ya mas
    Istri saya harus di kuret stlh kguguran spontan, boleh tau estimasi harga rs di semarang brp ya , trimakasih bnyak

    Like

  4. Udah lahiran y, mba? Kalo RS Gunung Sawo bagus g se, mba? dari fasilitasnya lengkap g? kayaknya ko nggak rame ya..hehehe..makasih.

    Like

    1. Alhamdulilah sudah mba. Bagus kok, fasilitasnya lengkap. malah ada klinik laktasinya jg. Sy jg tadinya mau lahiran di G.Sawo, tapi krn dokter sy gak praktek di situ ya ga jadi. Nggak rame mungkin karena bkn lagi jam ramenya mb…hehe..

      Like

  5. Hihihi ini postingan rada lama ya mbak.. tapi aku tertarik baca lalu komen. Bulan Juni 2015 lalu aku melahirkan CS di RSIA Kusuma kelas 1A tapi total yg harus saya bayar ndak sampe segitu hihi padahal udah ditambah biaya ++, karena perubahan biaya biasanya terjadi tiap ganti tahun. Menurutku Kusuma masih lebih murah dibanding lainnya untuk biaya obgyn, dokter anak, bahkan imunisasi.

    Like

  6. Iya mba, postingan lama. Hasil hunting sebelum lahiran Kenzie. Tiap tahun naik dan naiknya sepertinya di pertengahan tahun. Karena pas thn kmrn yg Karyadi biayanya berubah pas bulan Sept/Okt klo ga salah. Yg Kusuma, kirain tadinya lebih murah dari RS lain ternyata sama aja mahalnya, malah untuk biaya obgyn murah di Bunda. Klo dokter anak sm imunisasi sih ga tahu.Blm prnah cb. Slm ini ke dokter anak cm 2 kali aja, itupun dkt rmh dan beda dokter. Klo imunisasi ke Roemani tp ke bidannya yg lbh murah hehe…

    Like

  7. As. salam kenal bunda2..
    yg sudh pengalaman dg dr.putri gmn mb?apakah detail dlm menjelaskan si dedek wktu usg maupun yg lain?
    dr.putri praktek dimana aja ya?
    tmksh infornya

    Like

    1. Salam kenal juga mba…Dokter putri baik dan ramah banget. Kalo ngejelasin bs dibilang detail. Kalo USG ya dikasih tahu ukuran2nya. Yg pasti kalo kita tanya pasti dijawab dgn baik. tapi klo takut dokternya ga detail jelasinnya, mending catat dan tanyakan aja apa yg pengin kita ketahui, biar nggak lupa. Karena dokter jg kdg mngkin lagi capek dan jd lupa. Enak dan nyaman buat diajak konsultasi buat saya. Prakteknya di Pavgar Karyadi, RS Bunda sama Hermina Banyumanik.

      Like

    1. Halo jg mb, salam kenal. Kalo tidak salah ingat dulu untuk dokter sekitar 125k/sekali kontrol. Itu belum sama usg sm obat. USG biasanya ga dicetak (kecuali minta dicetak) klo ga salah sekitar 40/50rb gitu. Obat tergantung obatnya apa dulu.

      Like

  8. duh postingan lama tapi pengen tanya-tanya. Jadi mba Laely lairan dimana mbaa? Bunda atau Kariyadi? kebetulan dr nya sama, dr putri. mau bandingin harga lairan. plus kalo di kariyadi pavgar apakah bisa dicover bpjs? Terima kasih sebelumnya.

    Like

    1. Saya jadinya lahiran di Bunda mba. Sudah saya posting juga review saya ttg RS Bunda, silahkan kalau mau dibaca juga hehe..Kalau di Karyadi nggak bisa pake BPJS mba, kecuali dpt rujukan dr RS tipe B atau ada keadaan darurat kyak pecah ketuban dini (tapi amit2 dah). Skrng lebih susah dan ketat klo pake BPJS, soalnya Karyadi RS tipe A, apalagi kalau pake pavgar. Semoga nanti lahirannya lancar ya mba 🙂

      Like

  9. hai mbak lely… kebetulan saya baru hamil 7 minggu, sebelumnya periksa di RS Tlogorejo, tetapi karena jarak sedikit jauh… rencananya saya mau ke RSIA Gunung Sawo… untuk biaya kontrol kandungan rutin lebih murah mana yaaa mbak lely?

    rencana mau dengan dokter Chyntia.

    Terimakasih

    Like

  10. Hi Mba Lely, maaf comment di postingan lama.. Semoga berkenan sharing. Sy ini hamil kedua, hpl 15 Jan 17. Yg pertama sy lahiran di Karyadi dg Dr. Erwin waktu itu maju 2 minggu Mei 2015 bisa lsg pake bpjs kls 2 sesuai jatah engga nombok dan ga pake rujukan, mungkin krn urgent maju 2w apa ya…. Tp skrg gimana ya kl mau lahiran disana pake bpjs.. Sy kontrolnya di Pavgar.tp lairannya pengen pake bpjs lagi..

    Like

    1. Sepertinya klo pake BPJS udah ga bs langsung ke Karyadi mba, hrs pake rujukan dr RS tipe B (Karyadi termasuk RS tipe A).Skrng sdh lbh ketat klo pake BPJS. BPJS bs langsung dipake di Karyadi hny dlm keadaan tertentu/gawat, misal ketuban pecah dini/keadaan lain yg urgent dsb (tp amit2 dah klo hrs kyk gitu). Kebijakannya itu klo g slah berlaku mulai pertengahan thn 2015, skitaran Sept klo ga salah. Klo mb bln mei masih bs pake BPJS ya wajar, krn emang blm berlaku kebijakan barunya. Dulu dikasih tahu sm dokter sy. Krn rencana mo lahiran di pavgar, tp g jd krn ga bs pake BPJS. Mahal euy klo biaya sendiri di pavgar apalagi klo secar.Mnrt sy pilih lahiran di salah satu RS tmpat praktek dokter mba aja. Kontrol di pavgar gpp, tp lahirannya di RS lain yg dokternya praktek dan biayanya sesuai ama kantong kita hehe… Klo mau pake BPJS masih bs (setidaknya lebih mudah) di RS tipe B sperti di RSUD/RS Swasta yg menerima BPJS kyk Roemani, Elisabeth, Hermina, dsb. Cb tanyakan saja ke pihak RS lwt CSnya, ttg kebijakan mereka pake BPJS.

      Like

  11. Salam kenal mbak 🙂
    nice article banget. Saya hamil pertama, HPL insya Allah awal maret 2017. Sekarang lg galau2nya survey tempat melahirkan. Seneng bgt ketemu artikel ini.
    Kalo boleh tau, akhirnya melahirkan di mana dan berapa biayanya mbak?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s