Kuliner & Dapur

Lumpia Gulung Manis

DSC00234Beberapa waktu lalu ibu mertua beli buku resep masakan berbahan dasar yogurt dan susu. Dari sekian resep yang ada, ternyata suami kepengin nyobain resep yang bernama Lumpia Gulung Manis. Kayak apa resepnya? Silahkan cek di bawah ini šŸ˜‰

 

Lumpia Gulung Manis

Bahan lumpia:

  • 4 lembar kulit lumpia siap pakai
  • 1 buah apel, iris memanjang
  • 50 gram keju mozarella parut
  • 1 butir telur, kocok
  • 150 gram tepung roti putih
  • 250 gram minyak goreng untuk menggoreng

Bahan saus:

  • 250 ml susu cair
  • 1/4 sdt vanila bubuk
  • 30 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat lumpia:

  1. Ambil 1 lembar kulit lumpia, masukkan satu iris buah apel dan 1 sdt keju mozzarella parut. Lipat kedua sisinya lalu gulung padat. Ulangi sampai semua bahan habis.
  2. Celupkan ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke dalam tepung roti.
  3. Sementara itu, panaskan minyak goreng. Goreng adonan sampai berwarna kuning keemasan, lalu tiriskan. Sajikan lumpia dengan saus di atasnya.

Cara membuat saus:

  1. Siapkan panci. Masukkan susu cair, gula pasir dan vanila bubuk. Jerang di atas api sampai mendidih.
  2. Kentalkan dengan tepung maizena. Angkat, lalu sajikan.

Akhirnya setelah berjibaku di dapur, jadi juga lumpia gulung manisnya. Sepertinya semuanya pada doyan, meski dengan beberapa catatan hehehe… Resep di atas merupakan resep aslinya, namun pada kenyataannya saya melalukan beberapa improvisasi *halah*.

1. Karena keju mozzarella yang termurah aja masih terhitung mahal buat saya, maka saya ganti dengan keju cheddar kraft yang biasa. Ā Namun karena sepertinya kurang banyak ngasihnya, meski sudah sesuai takaran yaitu 1 sdt, rasa kejunya kurang berasa. Mungkin karena nggak pakai mozarella yang asli kali ya hehehe….

2. Karena saya pakai kulit lumpia yang besar, potongan apelnya saya bikin ada yang memanjang/dibikin slice biasa dan ada yang saya potong dadu kecil2. Karena 1 buah apel untuk 10 kulit lumpia ternyata kurang, maka ada yang saya ganti isinya dengan potongan buah pear. Rasanya ternyata nggak beda jauh kok, masih sama-sama enak loh.

3. Saat sausnya saya bilang gagal. Karena saya terlalu banyak menambahkan tepung maizena hingga jadi terlalu kental. Tapi nggak masalah sih, karena tetap termakan dan masih tetap enak meski tanpa saus. Kalau mau, sausnya juga bisa di ganti dengan saus sambal biasa.

Jadi, kesimpulannya adalah…nggak ngikutin takaran dari resep asli juga nggak masalah. Karena perbedaan takaran di resep ini bisa di sesuaikan selera. Buat yang ingin mencoba resep ini, silahkan loh…bisa di jadikan camilan di sore hari sambil minum teh hangat dan baca buku šŸ˜€

Advertisements

2 thoughts on “Lumpia Gulung Manis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s