Celoteh

Kurangi Konsumsi Kantung Plastik Yuk :)

Pasti sudah tahu semuanya dong bahaya dari kantong plastik? Menurut informasi dari Yahoo! setiap orang Indonesia menggunakan 700 kantung plastik. Tas-tas ini didapat gratis dari saat belanja, jajan, baik di warung, kaki lima, pasar swalayan, sampai pasar tradisional. Total, setiap tahunnya, Indonesia menghabiskan sekitar 100 milyar kantung plastik.Bukan hanya bertanggungjawab atas kematian 100 ribu hewan laut per tahun, tapi juga membahayakan hutan. Apalagi jika kita mengingat fakta bahwa butuh 1000 tahun buat plastik terurai di alam.

Nah, untuk mengurangi penggunaan kantung plastik tentunya kita bisa turut berperan aktif. Bagaimanapun juga kita adalah konsumen yang menjadi ujung tombak penggunaan kantung plastik itu sendiri. Dari dulu, sebenarnya aku pun mencoba memulainya dengan sebisa mungkin membawa kantung sendiri kalau belanja atau membawa barang belanjaan tanpa kantung plastik jika hanya belanja sedikit. Meskipun pada kenyataan sebagai manusia biasa tak luput dari khilaf ­čśŤ Eh, tapi sekarang di tasku sudah selalu sedia kantung sendiri, jadi kalau ada yang mau bayarin aku belanja diriku selalu siap sedia hehehe ­čśŤ

Ngomongin solusi mengurangi konsumsi kantung plastik, kebetulan banget Yahoo! juga lagi kampanye untuk solusi kantung plastik yang patut kita coba. Ada sembilan cara mengurangi konsumsi kantung plastik versi Yahoo! seperti dalam infografik di bawah.

Oh ya, bagi yang belum terbiasa, pada awalnya mungkin terasa aneh dan agak gimana gitu kalau belanja (biasanya di supermarket besar) bawa kantung sendiri. Apalagi kalau belanjaan kita banyak. Maklum aja, namanya juga belum terbiasa. Kalau ngerasa dilihat aneh sama pembeli yang lain, cuek aja lagi *pengalaman pribadi :P*. So, mari kita mulai dari diri kita sendiri, mulai dari sekarang. Kalau bukan kita siapa lagi?

Advertisements

2 thoughts on “Kurangi Konsumsi Kantung Plastik Yuk :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s