Celoteh

MR-removed, Pendeteksi Kemampuan Vokal Penyanyi

      Belum lama ini muncul pemberitaan heboh tentang 4Minute, di mana salah satu personelnya Hyun A tertangkap kamera melakukan lip sync saat tampil dalam acara KBS Music Bank bulan lalu. Yup, gara-gara hal tersebut manajemen mereka sampai harus merilis permohonan maaf resmi kepada publik. Kesalahan Hyun A adalah tidak bernyanyi dengan tepat saat vokal latar itu dimainkan. Bagi 4minute yang termasuk grup penyanyi papan atas, kejadian tersebut tentu menjadi hal yang sangat memalukan. Hal ini kemudian bergulir menjadi kontroversi yang lebih besar dari yang pernah menimpa grup Wonder Girls.

      Yup, grup Wonder Girls yang berada di bawah manajemen JYP Entertainment, meskipun tidak melakukan lip sync namun mereka pernah mendapat masalah terkait isu mengenai kemampuan vokal mereka. Kenapa? Pasalnya ketika tampil untuk comeback stage  di televisi, citra mereka  sebagai grup internasional dan penyanyi papan atas luntur setelah penampilan mereka dianalisis dengan Music Recorded Removed (MR-removed). Di situ Wonder Girls terdengar menyanyi terbata-bata dan suara mereka tidak stabil. Tentu saja ini membuat kemampuan vokal mereka dipertanyakan, meskipun termasuk grup papan atas. Padahal seperti yang kita semua ketahui, grup K-pop dituntut untuk bisa menari sekaligus bernyanyi dengan bagus. Kalau dipikir sebenarnya itu wajar saja dan masih bisa dimaklumi, karena memang nggak mudah untuk bisa menari dan menyanyi sekaligus dengan baik. Permasalahannya adalah karena ternyata banyak juga grup lain yang bisa melakukan keduanya dengan baik.

     Nah, ngomongin soal MR-removed mungkin banyak yang belum tahu. Apa sih sebenarnya MR Removed? Ini adalah versi rekaman tanpa musik pengiring, hanya bagian vokalnya. Jadi pada video MR-removed suara lagunya akan dihilangkan/diminimalisasi sedangkan suara vokal penyanyi akan dimaksimalkan-kita hanya akan mendengar suara penyanyinya saja.  Menurut Im Jin Mo, seorang kritikus musik terkenal, video MR-removed dibuat untuk menyorot suara/vokal penyanyi dengan mengecilkan/menghilangkan suara iringan musik dan sekarang telah menjadi seperti ‘adat’ yang harus dilewati oleh para penyanyi dalam rangka comeback mereka.

      Untuk penyanyi yang kurang bisa menyanyi dengan baik, dengan semua suara (musik dan vokal latar) yang diperbesar, lagu yang dinyanyikan mungkin akan terdengar baik-baik saja. Tapi ketika menggunakan MR-removed, maka yang akan terdengar hanya vokal sang penyanyi saja. Apalagi belakangan sedang trend memposting video MR-removed dari live performance. Ini membuat para netizens kemudian membanding-bandingkan kemampuan vokal para penyanyi, terlebih untuk penyanyi yang juga menari sekaligus.

Berikut ini ada daftar penyanyi dengan MR-removed terbaik di tahun 2011 lalu menurut Mnet’s “Idol Chart Show” :
1. TVXQ
2. IU
3. Taeyeon of SNSD
4. Changmin of 2AM
5. Park Bom of 2NE1
6. Taeyang of Big Bang
7. Hyorin of SISTAR
8. Kyuhyun of Super Junior
9. Jonghyun of SHINee
10. Song Jieun of Secret
11.Yonghwa of C.N. Blue
12. Lee Hongki of FT Island
13. Suzy of miss A
14. Hyun Bin (actor)
15. Kim Yuna (ice skater)
16. G.O. of MBLAQ
17. Gayoon of 4minute
18. Kim Soohyun (actor)
19. Junsu of 2PM
20. Yoseob of B2ST

Buat yang pengin dengar MR-removed itu kayak gimana, bisa search di Youtube atau lihat video di bawah ini:  

Jadi, kalau memang punya kemampuan vokal yang ciamik, tentunya nggak perlu takut sama MR-removed. Hmmm…kira-kira kalau penyanyi di Indonesia pakai MR-removed, vokal mereka kayak gimana yach? Menurut kalian siapakah yang bakal jadi the best MR-removed?

*referensi: dari berbagai sumber*

Advertisements

6 thoughts on “MR-removed, Pendeteksi Kemampuan Vokal Penyanyi

  1. Wah wah wah sungguh bermanfaat sekali artikel ini….

    Gue baru tau ada istilah Removed

    WAW Yesung yang katanya pemimpin vokal super junior aja ga masuk list ya…yg masuk malah si maknae evil

    punya artikel untuk tahun 2012 ga..?

    Like

  2. mengenai masalah MR Remover, itu alatnya jg harus bagus & bukan asal “clean”.. klw yg di youtube byk juga fanMR yg membuat MR edit (instrumental/vocal) tapi masih experimental alias gk menampilkan suara sebenarnya & cmn make sistem edit-reverb. Btw thx informasinya, jadi tambah tau tentang perkembangan MR..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s